Senin, 05 Februari 2018

Opening!!! Pengalaman Solo Traveling?!



Hai!
Tulisan pertama gue ini bakal ngebahas tentang perasaan gue melakukan solo travel!!!
Jadiiiiiiii, dari tahun-tahun sebelumnya selalu mikir sih, gue udah mau 20 tahun hidup kok kayaknya merasa siklus hidup gue gitu-gitu aja(?) πŸ˜“πŸ˜“.

Semakin dewasa gini, gue makin sadar bahwa gue harus lepas dari yang namanya "comfort zone", mencari suasana baru dan gak mau dong tiap hari kerjaannya gitu-gitu aja. Hingga pada akhirnya gue yang orangnya emang dari dulu cuma suka baca-baca tentang traveler gitu, sempet mikir!
Kenapa gue gak coba traveling aja juga, kan?!

Nah! Oke akhirnya makin hari makin sering baca tuh blog travel, gue akhirnya memutuskan! Kayanya traveling seru ya! Dan gue memutuskan untuk mencoba yang namanya traveling!


SOLO TRAVELING




Lantas apa yang merasa gue udah berhasil keluar dari "comfort zone" tsb?
Ya! jawabannya traveling, tapi bukan sekedar traveling yang mana kalian cari agen tour di website terus tinggal mendaftarkan diri kalian untuk ikut travel itu!
No! big no!
Sorry, gue rasa dari awal ikut yang kayak gitu tuh cuma dapet feel "liburan" doang.

Sedangkan, liburan itu menurut gue gak cuma yang refreshing diri aja! tapi sekalian belajar (pastinya, karena sendiri ya kalian harus survive! Salah satunya bahasa! kalian jadi tau kemampuan kalian sendiri), interaktif, explore diri, dan sebagainya!
Nah, gimana tuh caranya biar kita liburan, terus fresh lah diri kita, tapi yang kita dapet gak cuma berupa feel hiburan aja.
Ya itu!! Jawabannya SOLO TRAVELING!

Btw nih, ngomongin traveling, pasti kalian udah pada pernah traveling, kan?
Kalo sendiri udah pernah?
Bukan yang perginya bareng terus pas di tkp sendiri.... Atau yang perginya sendiri tp di tkp ada guidenya....
Bukan! Bukan yang gitu!
Tapi yang bener-bener sendiri.
Iya! Sendiri!
Berangkat sampe pulang bahkan di tkp juga tetap sendiri???
Gimana? udah?

Kalo belom, maka gue sarankan kalian harus coba yang namanya traveling sendirian! alias solo traveling!

Mungkin ada dari kalian yang komen,
Lah, kasian amat sendiri gak asik.
Sedih banget sendiri, gak ada temennya gak ada yang diajak ngobrol.
Nanti gak ada yang fotoin mah ya gak enak lah.
dan lain sebagainya.....

Ups, disitulah seninya!
Maksudnya, kalian ya gak main asal terima aja dengan pernyataan kayak gitu.
Gak ada temen? Let's make a friend with other traveler!
Gak ada yang foto? Ask ppl to take a pict of you! or ask them to take a pict together with you!
Inget, namanya kalian traveling, dan sendiri. Ya please, jangan menyendiri terus! Ini kesempatan kalian buat explore diri dan make a friend with others!

Berhubung solo travel pertama gue Januari 2018 kemarin ke Jepang, disana gue ketemu banyak banget kenalan baru, contoh paling berkesan....

Tokyo
- Ketawa bareng sama salah satu orang Jepang, karena ada anak kecil lucu banget di kereta sendirian (masih kecil tp naik kereta sendiri, gila berani banget salut gue!) dia ngikutin suara pengumuman persis! HAHAHA
- Ketemu solo traveler perempuan dari Malaysia! Kita gak sengaja ketemu di restoran ramen halal daerah Asakusa... Gila berani banget! itu yang gue ujarkan ke dia pas kita ngobrol2
- Fotoin anak sama ibunya yang asalnya dari Taiwan, mereka juga solo traveler (berdua sih sebenernya😁)! Dia minta fotoin pas lagi di Tokyo Tower, dia nawarin gue tp karena gue emang gak suka foto alhasil gue cuma motoin mereka aja!✌
- Fotoin anak dan ibunya lagi! Kali ini mereka dari Korea, ketemu pas di Odaiba! Lagi-lagi gue menolak ketika dia mau gantian motoin gue... Hahaha ._.v

Kyoto
- Ketemu sama solo traveler dari Thailand dan Taiwan di kafe daerah Arashiyama, dekat Bamboo Forest! Kali ini gak saling minta foto sih, cuma kenalan dan nanya2 biasa aja sambil menikmati kopi!
- Ngobrol asik sama resepsionis hotel yang gue tempatin! Sumpah ini resepsionis paling interaktif sih! Dan untungnya bahasa Inggris dia lebih jelas dari orang Jepang biasanya!

Osaka
- Bingung bareng karena gak bisa tap kartu IC di stasiun dan berakhir ngobrol bareng sama orang Jepang! Friendly banget!
- Di pesawat, duduk sebelahan sama pasangan orang tua dari Jepang (udah agak tua sih, kaya kakek dan nenek) disini ngobrol banyak juga! Asik pokoknya.....!

Dan berakhir dengan gue nangis agak di dalem pesawat!😭😭 Luar biasa emang solo travel ini! Sebenernya karena gue sedih juga pulang dari Jepang.... Alhamdulillah gue berterimakasih banget sama Allah sudah memberi gue rejeki dan kesempatan ini!
Lebih lanjut gue ceritakan secara terpisah di post berikutnya ya!

Oh ya! Berhubung karena orang Jepang gak terlalu bisa bahasa Inggris jadi pas ngobrol sama orang Jepang asli kita campuran bahasa Inggris dasar mereka, dan bahasa Jepang gue yang sangat dasar, serta pastinya bahasa Tarzan yaaa, heheheeeeee

Terus juga banyak dari kalian yang pasti merasa takut untuk traveling sendiri kan? Kayak takut dirampok, diculik, ya sejenisnya itu lah. *sebenernya agak lebay sih kalo ini

Sebenernya gue gak berhak untuk berbicara banyak ttg solo travel sih, krna gue baru sekali doang kan ngelakuin solo travel....
But believe me!

GUE MENYESAL!!!!
KARENA GUE KETAGIHAN!πŸ˜†πŸ˜†
Serius!
Coba deh!
Dan gue berharap gue bisa terus melakukan yang namanya solo travel ini....
*kemudian ditabok sama dompet gue sendiriπŸ’£πŸ’£πŸ˜ŸπŸ˜Ÿ

Gue juga yakin dengan solo travel ini bakal bisa bikin gue semakin melek tentang dunia luar, dan yang terpenting banyak pengalaman berharga yang disaksikan langsung oleh kedua mata gue yang pastinya gak akan pernah bisa gue lupain tiap detail-detail kecil berharganya! 😭😭😭

Terakhir.... gue mengutip dari salah satu post yang gue temui di Line, begini isinya:


".... Sebegitu gak nyamannya kamu sama diri sendiri? Sampe harus selalu bergantung sama orang lain buat sekedar pergi?..."

☝☝ Bagian yang paling gue suka.

Please! Tiap orang itu butuh yang namanya me time!πŸ˜€

5 komentar:

  1. tambah foto kota japan nya dong luun biar semakin menarik! plus jelasin persiapannya sampai terwujud ke luar negeri sendirian pertama kali mau tau bagian lo browsing, lo nabung dll

    BalasHapus
  2. Aku juga lagi belajar solo traveling kak
    Nungguin temen pada susah
    Jadi mau gak mau pergi sendiri aja

    BalasHapus
  3. Aku juga suka Solo traveling,, sering jg kesasar dinegara org tapi ntah karna saking beraninya ttp aja ketagihan jln sendiri,pas nyasar itu mlah ketemu tmpt wisata baru dan org yg ramah..

    BalasHapus
  4. Wah, pengen juga solo traveling gini. Tapi sementara masih lokal aja di Solo

    BalasHapus